ORARI Lokal Jakarta Selatan mengikuti Pameran Komunitas I SEE FESTIVAL 2019

ORARI LOkal Jakarta Selatan mendapatkan kesempatan untuk lebih memperkenalkan ORARI kepada masyarakat melalui kegiatan Pameran Komunitas I SEE Festival 2019 di kawasan Gelora Bung Karno pada tanggal 28 September – 6 Oktober 2019.

Pameran I SEE FFESTIVAL adalah pameran yang berisi berbagai macam komunitas yang ada di Indonesia yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat, seperti ada Komunitas Emak – Emak Blogger, Komunitas Indonesia Heritage yang berisi mengenai tempat-tempat yang mempunyai nilai bersejarah yang ada di Indonesia yang belum diketahui masyarakat banyak, Komunitas Indonesia Reenactor yang berusaha mengangkat sejarah pada saat terjadinya perperangan baik di Indonesia maupun dunia, dan juga ada Komunitas penggemar mobil-mobil Die Cast. Dan masih banyak komunitas lainnya yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini ORARI Lokal Jakarta Selatan lebih ingin mengenalkan tentang organisasi yang bergerak di bidang amatir radio dalam hal ini adalah ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) atau bisa juga dikatakan bahwa kita melakukan branding kepada masyarakat mengenai ORARI.

Dengan menampilkan beberapa peralatan seperti radio VHF dan HF, demonstrasi CW (Morse) oleh OM Agus Endang K. YCØOSX dan juga sempat mendemontrasikan FT8 oleh OM Ridwan SalehYCØRI, cukup membuat masyakat menjadi lebih mengetahui mengenai ORARI dan hal apa saja yang bisa dilakukan oleh ORARI dalam masa sekarang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Terima kasih kepada OM Budi Rianto halim YBØHD Ketua  dan beberapa pengurus ORARI Daerah DKI Jakarta yang menyempatkan diri berkunjung ke stand ORARI Lokal Jakarta Selatan setelah menghadiri kegiatan Musyawarah Lokal ORARI Lokal Jakarta Barat dan ORARI Lokal Jakarta Utara.

Semoga dengan ikutnya ORARI Lokal Jakarta Selatan sebagai peserta dalam I SEE FESTIVAL 2019 yang baru lalu semakin memperlihatkan eksistensi ORARI di Indonesia.

BRAVO ORARI..!!!

 

 

 

 

Acara Bincang Teknik : Satelit Sebagai Alat Komunikasi Bagi Amatir Radio

Pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2019 yang lalu, ORARI Lokal Jakarta Selatan mengadakan acara Bincang Teknik. Acara bincang teknik kali ini membicarakan tentang Komunikasi Menggunakan Satelit Bagi Amatir Radio.

Acara ini diadakan bertujuan untuk lebih mengenalkan Satelit Lapan A2/LAPAN ORARI IO-86 yang merupakan hasil kerjasama antara ORARI dan LAPAN dalam pembuatan satelit komunikasi. Peserta yang mengikuti acara ini rata-rata tertarik untuk melihat penggunaan satelit untuk berkomunikasi dengan menggunakan radio konunikasi. Bahkan di antara peserta yang sebagian besar anggota ORARI, ada juga 4 (empat(orang mahasiswa dari Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STBMKG) yang mengikuti acara ini.

 

Acara dibuka oleh OM Rifalino Bachtiar YCØOTR selaku Wakil Ketua ORARI Lokal Jakarta Selatan. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi pertama yang dibawakan oleh OM P. SURYONO ADISOEMARTA YDØNXX yang sedikit menjelaskan mengenai Satelit LAPAN IO-86 dan apa saja yang bisa dilakukan saat berokmunikasi melalui Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI IO-86. Kemudian dilanjutkan dengan sesi berikutnya mengenai tata cara melihat posisi satelit melalui HP. Para peserta juga diminta mencoba mendownload dan menginstall aplikasi Satelit supaya para peserta nantinya bisa mencoba sendiri. Pada sesi kedua ini terlibat juga beberapa rekan dari ORARI Lokal Jakarta Selatan yang juga penggiat AMSAT (Amateur Satelite) dari AMSAT ID yaitu OM Moh. Hambali YCØRXI, OM Reyhan Hilmawansyah YCØRWL dan OM Benny Chandra YDØSPU.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dan sesi terakhir yang sudah di tunggu-tunggu para seserta setelah istirahat siang adalah simulasi untuk berkomunikasi melalui satelit. Pada sesi ini seluruh peserta terlihat sangat antusias dalam mempraktekkan semua yang sudah didapat pada sesi sebelumnya. Pada sesi simulasi ini dimpin oleh OM Moh. Hambali YCØRXI. Sebelum sesi ini dimulai, diberikan sedikit penjelasan mengenai posisi satelit dan besaran elevasi yang harus diperhatikan apabila ingin berkomunikasi melalui satelit. Dan ketika Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI IO-86 sudah berada pada posisinya, maka seluruh peserta mencoba melakukan komunikasi. Namun karena terbatasnya waktu melintas satelit yang sangat pendek, maka simulasi pun berakhir. Peserta terlihat sangat puas karena telah mencoba berkomunikasi melalui satelit, sekalipun ada beberapa peserta yang sempat mengalami sedikit kesulitan saat dimulainya kegiatan simulasi.

Dan dengan berakhirnya simulasi komunikasi melalui satelit ini maka berakhirjuga kegiatan Bincang Teknik mengenai Satelit LAPAN A2/LAPAN ORARI IO-86.

Semoga kegiatan Bincang Teknik seperti ini bisa terus dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kemampuan para anggota amatir radio. BRAVO ORARI..!!

Sekelumit Cerita Kegiatan Pra JOTA ORARI LOKAL Jakarta Selatan

Seperti pada tahun sebelumnya, ORARI Lokal Jakarta Selatan akan mengadakan kegiatan Pra JOTA atau bisa dikatakan kegiatan Pembekalan JOTA menyambut kegiatan Jamboree On The Air (JOTA). Rencananya kegiatan ini akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2019 bertempat di South Quarter – Lebak Bulus.

Kegiatan Pra JOTA ini diadakan bertujuan untuk mempersiapkan para anggota Pramuka dalam berkomunikasi menggunakan perlatan radio komunikasi dan juga agar mereka memahami standard operasi prosedur yang baik dalam berkomunikasi.
ORARI Lokal Jakarta Selatan telah menjalin kerjasama yang cukup baik dengan Pramuka Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Bahkan cukup banyak anggota Pramuka di wilayah Jakarta selatan yang menjadi anggota ORARI setelah kegiatan JOTA ini selesai dilaksanakan. Rata-rata mereka menyattakan ingin menjadi seorang amatir radio setelah mereka memahami tata cara dan standard operasi prosedur berkomunikasi di Radio.

 

Dokumentasi :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Biasanya kegiatan Pra JOTA ini dimulai dengan Pengenalan ORARI sebagai organisasi yang mendampingi para Pramuka dalam kegiatan JOTA. Pada sesi ini biasanya rekan-rekan ORARI Lokal Jakarta Selatan akan menjelaskan tentang ORARI dan kiprah ORARI di Indonesia.
Setelah pengenalan organisasi acara dilanjutkan dengan acara Pengenalan ALat Komunikasi. Di sini biasanya akan dijelaskan beragam alat komunikasi yang biasa dipakai seorang amaytir radio mulai dari Handy Tranceiver (HT), Rig, komunikasi digital, berbagai macam antena sampai dengan peralatan komunikai untuk berkomunikasi via satelit.
Sesudah itu acara dilanjutkan dengan kegiatan Pengenalan Standard Prosedur Komunikasi agar seluruh peserta lebih mengetahui tata cara berkomunikasi yang baik dan benar melalui radio komunikasi.

Dan di akhir kegiatan, biasanaya seluruh peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk berlatih dalam berkomunikasi dengan menggunakan Handy Tranceiver (HT). Di sini seluruh pesera terlihat sangat antusias saat mereka berkomunikasi dengan teman mereka melalui HT. Memang pada awalnya mereka akan malu-malu saat baru mulai, tapi setelah itu mereka merasa enjoy dan kadang peserta lain ingin segera mencoba untuk berkomunikasi juga. Tujuan dari diadakannya simulasi ini adalah agar para peserta tidak kagok atau gugup saat berkomunikasi selama kegiatan JOTA nantinya.

Demikian sedikit cerita tentang kegiatan Pra JOTA yang diadakan atas kerjasama ORARI Lokal Jakarta Selatan dan Kwartir Cabang Jakarta Slatan.